Rpp Simulasi dan Komunikasi Digital Materi Kewargaan Digital

KOMUNIKASI DAN KOLABORASI DALAM JARINGAN
Sebelum anda membuat rpp simulasi dan komunikasi digital materi kewargaan digital, sebaiknya simak dulu penjelasan kami berikut. Komunikasi merupakan cara manusia untuk menyampaikan informasi. Menurut
KBBI, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud bisa dipahami. Komunikasi tidak terbatas pada penggunaan bahasa verbal, tetapi juga menggunakan bahasa non verbal.Kemampuan seseorang berkomunikasi diukur dari tingkat akurasi informasi atau.

Rpp Simulasi dan Komunikasi Digital Materi Kewargaan Digital

Kewargaan Digital (Digital Citizenship)
"Kewargaan Digital mengajarkan menggunakan cara untuk mempersiapkan diri menjadi bagian dari warga digita dalam memanfaatkan teknologi.”

Konsep Kewargaan Digital
Dalam membuat rpp simulasi dan komunikasi digital, guru wajib tau konsep warga digital. Warga digital adalah orang yang cerdas, mengutamakan kebenaran yang memiliki norma perilaku jujur, bertanggung jawab, dan peduli serta memberikan penyadaran penggunaan tegnologi.

Unsur – unsur dalam Kewargaan Digital,meliputi :
a. Lingkungan Belajar : Informasi dan teknologi komunikasi telah menjadi bagian dari lingkungan pembelajaran. Pemanfaatan ICT untuk mencari informasi, data, maupun rujukan untuk keperluan pembelajaran.
b. Lingkungan Sekolah : Hak dan Kewajiban Sebagai sesama warga digital yang menggunakan teknologi dan sumber daya yang sama secara bersama, setiap warga digital memiliki hak dan kewajiban yang sama berdasarkan kesepakatan norma berada.

Etika : Seringkali pengguna teknologi digital tidak memahami bahkan tidak memedulikan etiket dalam penggunaan teknologi. Keamanan :  Dalam dunia nyata, kita membangun pagar, mengunci pintu, menambahkan alaram di rumah kita dengan alasan keamanan. c. Lingkungan Luar Sekolah : Hukum digital mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat. Contoh perbuatan yang melanggar hukum antara lain: mencuri identitas orang lain, plagiarisme, menyebarkan virus, ataupun meretas laman (website). Hukum yang terkait dengan aktivitas warga digital dikenal dengan nama hukum siber (cyber law). Di Indonesia, hukum yang terkait dengan kegiatan digital menyangkut 5 aspek:
1.hak cipta 
2.merek dagang 
3. fitnah 
4.privasi   
5.yurisdiksi dalam ruang siber
 Transaksi :Perangkat digital juga menyediakan fasilitas yang memudahkan seseorang berbelanja atau bertransaksi secara daring. Berbagai situs jual-beli dapat dengan mudah diakses seperti bukalapak.com, olx.co.id, fjb.kaskus.co.id, tokopedia.com, dan berbagai toko daring lainnya
 Kesehatan :Di balik manfaat teknologi digital, terdapat beberapa ancaman kesehatan yang perludiperhatikan, seperti kesehatan mata, telinga, tangan, bahkan keseluruhan badan.
 Menggunakan Internet dengan Aman

a. Lindungi perangkat dan akun terhadap upaya orang lain secara ilegal yang dapat merugikan dengan cara sebagai berikut.
• Perbaharui perangkat lunak (termasuk web browser) secara otomatis.
• Pasang antivirus dan perangkat lunak antispyware.
• Jangan pernah mematikan firewall.
e-mail atau pesan singkat jejaring sosial, meskipun mengetahui pengirimnya.
• Kuncilah ponsel dengan password/pin untuk mencegah orang lain membuat panggilan, SMS, atau mengakses informasi pribadi.
b. Jadilah seorang yang baik
• Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.
• Bersimpatilah terhadap teman-teman, jangan hanya menjadi pengamat.
• Jangan membagikan informasi pribadi orang yang dikenal tanpa izin mereka, misalnya rekan dan anggota keluarga.
c. Berbagilah dengan hati-hati : Informasi yang dibagikan secara daring akan masuk ke ranah publik yang tidak terbatas jarak dan waktu Privasi dan Keamanan : Privasi dalam kewargaan digital terdiri atas:
 Hubungan dan Komunikasi : Dalam kehidupan nyata, hubungan dengan orang di sekitar bisa menjadi rumit karena disebabkan banyak faktor. Begitu pula hubungan yang dilakukan dengan orang lain ketika daring.
• Internet merupakan alat yang hebat untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang yang berada pada jarak yang jauh.
• Bersikaplah baik, sopan, dan hormat kepada siapapun yang berada di dunia digital, bahkan jika semua orang bersikap tidak menyenangkan.
• Apabila bertemu orang asing dalam kehidupan nyata atau daring, tetap waspada. Lindungi identitas, keamanan dan privasi, serta informasikan kepada keluarga, orang yang ditemui secara daring tersebut.

Sampai sini sudah punya gambaran bagaimana membuat rpp simulasi dan komunikasi digital untuk bab ini? selanjutnya Intimidasi (Bullying) adalah perilaku agresif yang tidak diinginkan di kalangan anak usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan. Intimidasi mencakup tindakan seperti membuat ancaman, menyebarkan informasi palsu, menyerang seseorang secara fisik atau verbal, dan mengucilkan seseorang dalam kelompok.

Intimidasi siber (cyberbullying) adalah pemanfaatan teknologi untuk melakukan segala bentuk gangguan guna merendahkan martabat atau pelecehan kepada seseorang. Dampak Intimidasi :

Rekam jejak digital adalah semua aktivitas yang dilakukan  di Internet. Sebagai contoh komentar yang ditinggalkan pada Facebook, Twitter, forum, blog, gambar yang dibagikan pada Instagram, panggilan Skype, atau e-mail yang berpotensi dilihat oleh orang lain, atau dapat dilacak pada database. Perhatikan segala yang akan dibagikan secara daring,

Think before you post. Sebab segala sesuatu yang dibagikan dapat dilihat oleh keluarga, guru, rekan, tetangga, dan orang asing. Gunakan akronim pengingat “T.H.I.N.K.” sebelum membagikan aktivitas di dunia digital. T.H.I.N.K. merupakan akronim dari: • Is it True (Benarkah)? Benarkah posting Anda? Atau hanya isu yang tidak jelas sumbernya? • Is it Hurtful (Menyakitkankah)? Apakah posting Anda akan menyakiti perasaan orang lain? • Is it Inspiring (Menginspirasi)? Apakah posting Anda dapat menginspirasi orang lain untuk berbat baik atau sebaliknya? • Is it Necessary (Pentingkah)? Pentingkah posting Anda? Post yang tidak penting akan mengganggu orang lain. • Is it Kind (Santunkah)? Santunkah post Anda? Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain?

Keunggulan Komunikasi Daring
Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.
1) Dapat dilakukan kapan saja di mana saja
2) Efisiensi biaya
3) Efisiensi waktu

Nah sekarang silahkan dibuat rpp simulasi dan komunikasi digital untuk materi kewargaan digital ya. Sedangkan jika anda mau lagsung download rpp lengkapnya baca disini : Rpp Simulasi dan Komunikasi Digital